17 Jan 2013

DAKWAH DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (studi kegiatan dakwah dan profil Muballighah di Banjarmasin)

Posted by lemlita

Peneliti : Hj. Mudhi’ah, Norlaila, Halimatus Sakdiah
Dana Penelitian: Dibiayai dari Dana DIPA IAIN Antasari Banjarmasin tahun 2012
vi ; 102
Call Number :
2×7.2
Mud
d
(4)

Dakwah merupakan suatu upaya untuk mengajak dan mempengaruhi orang lain dalam merealisasikan ajaran Islam, untuk mencapai tujuan kesejahteraan duniawi maupun kesejahteraan ukhrawi. keberhasilan tersebut pun dipicu oleh berbagai aspek dakwah yang saling terkait, anatara juru dakwah, materi dakwah, strategi dakwah, mad’u (sasaran dakwah)

Jumlah kaum perempuan di Negara ini hampir mencapai separ dari jumlah masyarakatnya (49,36). oleh karena itu, sangat penting sekali pemberdayaan perempuan dalam dakwah dakwah untuk membangun kaumnya sendiri dalam kesadaran dan aktivitas-aktivitas keagamaan yang memberikan dasar-dasar kehidupan sejahtera duniawi dan ukhrawi.

adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggali materi dakwah yang disampaikan oleh para mubalighah di Banjarmasin terkait dengan pemberdayaan perempuan, dan bagaimana profil para muballighah yang meliputi identitas muballighah, latar belakang pendidikan, tujuan berdakwah, dimana saja berdakwah, siapa saja sasaran dakwah mereka dan bagaimana strategi dakwah mereka.

Leave a Reply

Message: